Bahaya Menggunakan Earphone atau Headset Berjam-jam

Bahaya Menggunakan Earphone atau Headset Berjam-jam - Dalam beraktivitas terkadang kita tidak pernah lepas dari yang namanya gatget. Smartphone tersebut memiliki berbagai macam aplikasi yang dibutuhkan penggunanya. Termasuk mendengarkan lagu atau menonton video. Beraktivitas sambil mendengarkan musik atau menonton video memerlukan alat tambahan yang bernama earphone atau headset. Tahu kah kamu bahwa menggunakan earphone atau headset berjam-jam dapat merugikan kita? Inilah Bahaya Menggunakan Earphone atau Headset Berjam-jam yang harus kalian ketahui.

Bahaya Menggunakan Earphone atau Headset Berjam-jam
Bahaya Menggunakan Earphone atau Headset Berjam-jam
Telinga Berdengung
Bahaya pertama dari menggunakan headset telalu lama adalah telinga kita  dapat berdengung. Telinga yang mendengung akan menyebabkan kita nggak nyaman dengan indera pendengaran. Atasi dengan menahan nafas sambil memencet hidung, lalu tiup sambil tetap memencet hidung. Telinga kita yang terasa mendengung tersebut bakal segera pulih.

Kerusakan Telinga Permanen
Selain suara keras dari musik dari headset, frekuensi pemakaian yang terlalu lama juga dapat menimbulkan kerusakan telinga permanen, seperti pecahnya gendang telinga. Ini dapat menurunkan pendengaran kita, bahkan dapat menyebabkan tuli!

Gangguan Pendengaran Sejak Dini
Pasti banyak deh, yang kebiasaan menikmati musik dengan mendengarkan headset atau earphone hingga volume maksimal. Kalau kita biasa melakukannya dari sekarang, maka potensi kehilangan pendengaran dini semakin cepat terjadi. Coba berikan waktu istirahat sekitar 15 menit buat telinga kita tanpa musik dan headset.

Kerusakan Otak
Earphone atau headset yang digunakan ternyata memancarkan gelombang elektromagnetik tersendiri. Gelombang ini memicu kerusakan otak akibat radiasi headset atau earphone itu sendiri. Sebuah penelitian yang dilakukan Emerging and Newly Identified Health Risks (SCENIHR) menunjukkan, gelombang elektromagnetik yang dipancarkan dari penggunaan headset bisa merusak kerja otak.

Kuman Masuk ke Telinga
Masalah lainnya yang berbahaya adalah kuman. Headset jadi salah satu alat yang sering diletakkan pada udara terbuka tanpa perlindungan. Selain itu, jarang mengalami pembersihan alias dicuci. Makanya, headset jadi salah satu alat yang memiliki kandungan kuman tinggi.
Sumber : gadis.co.id

0 Response to "Bahaya Menggunakan Earphone atau Headset Berjam-jam"

Post a Comment