Kerugian dan Resiko Root Android

Kerugian dan Resiko Root Android - Rooting Android merupakan sebuah proses yang bisa memungkinkan anda untuk mendapatkan akses dan kontrol penuh terhadap smartphone android anda. Sebenarnya, root ponsel android itu hampir sama dengan istilah jailbreak di iPhone atau hack di symbian. Ada alasan tersendiri mengapa orang orang memilih untuk me-root ponsel android mereka.

Dengan me-root smartphone android, maka anda akan bisa bebas dalam menginstall aplikasi aplikasi gratis yang bertebaran di market maupun non-market. Sebelum diroot, hal tersebut tidak bisa dilakukan. Inilah alasan banyak orang kenapa melakukan root pada smartphone android kesayangan mereka.

Kerugian dan Resiko Root Android

Root android memang mempunyai banyak keuntungan, seperti bisa 
  • bebas dalam memodifikasi theme, 
  • bebas memasang/menginstall aplikasi, 
  • menghapus aplikasi bawaan, bisa melakukan customisasi, 
  • dan masih banyak lagi keuntungan yang didapat dari Rooting Android.

Tapi dibalik semua keuntungan itu, ada resiko dan kerugian nya. Apa saja?

Kerugian dan Resiko Root Android

1. Garansi Bisa Hilang
Melakukan proses rooting pada ponsel android anda bisa menyebabkan garansi yang diberikan pabrik menjadi hilang. Jika anda membawa smartphone android yang sudah ter-root ke service center, maka dipastikan tidak akan mendapatkan garansi walaupun masa berlaku garansi belum habis. Itu disebabkan karena pada saat proses root, otomatis akan merusak/melepas segel yang terpasang pada smartphone android kita.

2. Resiko Bila Gagal Root
Bila anda gagal melakukan proses root, maka dipastikan ponsel android anda akan mengulang proses dari awal, dan ini bisa memakan waktu yang lama. Disisi lain, jika gagal dalam root android maka kemungkinan yang paling parah adalah bisa menyebabkan smartphone android anda bootloop atau mati total.

3. Rentan Virus
Banyak pengguna android yang ponsel nya sudah diroot mengeluh karena ponsel nya rentan terhadap virus. Ini terjadi karena firewall terbuka akibat proses root. Tapi hal ini bisa diatasi dengan menginstall aplikasi antivirus terpercaya yang bisa anda temukan di Google Play Store.

4. Ponsel Menjadi Lemah
Pada kebanyakan ponsel android yang sudah diroot, banyak ditemukan beberapa masalah, yakni berkurang nya performa smartphone karena harus dipaksa bekerja lebih keras dan melakukan sesuatu yang diluar kemampuan ponsel itu sendiri. Hal ini akan mengakibatkan umur smartphone menjadi pendek dan smartphone jadi gampang panas berlebihan saat digunakan. Solusi nya, anda bisa mempraktikkan cara mengoptimalkan kinerja smartphone ini.

Menurut saya pribadi, saya akan tetap melakukan proses root pada ponsel android saya, karena akan mendapatkan banyak keuntungan nya. Tapi sebelum melakukan root, saya menyarankan anda untuk memilih smartphone android yang tepat dan sekiranya cocok dan mampu jika diroot, termasuk mengurangi resiko root. Sekarang semua keputusan ada di tangan anda. Jika anda merasa root adalah sebuah kebutuhan karena performa dan kemampuan belum maksimal, silahkan saja melakukan proses root.

Tapi jika anda merasa smartphone anda sudah mumpuni, high spec, fitur berkelas, maka anda boleh boleh saja untuk tidak melakukan proses root. Melakukan root pada ponsel android anda memang sesuatu yang menyenangkan dan menawarkan banyak manfaat. Tetapi bila anda tidak membutuhkan root pada smartphone, tidak perlu dilakukan, terutama bila anda adalah orang yang masih newbie alias pemula dan belum tau seluk beluk mengenai root.
Sumber : gantekno.com

0 Response to "Kerugian dan Resiko Root Android"

Post a Comment