Jangan Lakukan Hal Ini Pada Smartphone Android Kamu

Jangan Lakukan Hal Ini Pada Smartphone Android Kamu - Banyak hal yang bisa kamu lakukan pada smartphone Android kamu, baik untuk kehidupan pribadi ataupun profesional. Oleh karena itu, smartphone merupakan perangkat yang sudah menjadi bagian penting dalam kehidupan kamu. Namun kamu harus tau cara merawat smartphone agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Cara merawat yang dimaksud bukan dengan mengelap layar smartphone hingga bersih atau menjaganya erat-erat agar tidak jatuh. Namun cara merawat yang dimaksud adalah dengan tidak melakukan hal-hal yang dapat merusak kinerja smartphone Android anda.
Jangan Lakukan Hal Ini Pada Smartphone Android Kamu

1. Jangan Pernah Menutup Aplikasi Secara Paksa
Sebagian besar dari kamu pasti sering kali menutup aplikasi kamu secara paksa menggunakan task killer ataupun secara manual dari opsi recent apps. Mungkin untuk beberapa kali penggunaan, kamu nggak akan merasakan apa-apa. Tetapi, setelah sekian lama kamu menerapkannya, itu dapat merusak smartphone Android kamu loh.

Jangan Lakukan Hal Ini Pada Smartphone Android Kamu

Menutup aplikasi secara paksa merupakan salah satu hal yang tidak boleh dilakukan pada smartphone Android kamu loh guys. Sebab, ketika kamu membuka sebuah aplikasi, bagian dari data pada aplikasi tersebut disimpan dalam RAM. Saat kamu membuka aplikasi untuk kedua kalinya, maka memuat lebih cepat karena sudah ada cache untuk aplikasi itu.

Jika kamu harus menutup aplikasi melalui task killer ataupun opsi recent apps, atau bahkan menghapus cache-nya, data yang disimpan pada RAM juga otomatis akan hilang. Berarti, kalau kamu mau membuka ulang aplikasi yang sama, maka proses penyimpanan data pada RAM akan dimulai dari awal lagi. Sehingga, semakin lama kamu melakukan hal ini, maka performa Android pasti akan menurun.

2. Dilarang Memakai Aplikasi Antivirus Lebih dari Satu
Mungkin kamu merasa bahwa kamu memerlukan aplikasi antivirus agar smartphone Android kamu tetap dalam kondisi yang prima. Tetapi, kamu juga harus ingat kalau menggunakan antivirus pada smartphone Android pasti akan memakan beberapa sumber daya dari perangkat tersebut, seperti RAM dan juga daya tahan baterai. Masa sih?

Benar, sebab antivirus merupakan aplikasi yang selalu jalan di latar belakang sepanjang waktu. Nah, kebiasaan yang paling sering dilakukan adalah kamu meng-install dua atau lebih aplikasi antivirus di ponsel kamu. Sayangnya, perbuatan itu merupakan hal yang tidak boleh dilakukan pada smartphone Android kamu. Sebab ini akan membuat crash antar aplikasi antivirus, dan mampu menyebabkan sistem menjadi tidak stabil. Selain itu, memasang lebih dari satu antivirus juga menyebabkan beban sistem berlebihan karena aplikasi seperti ini sangat memakan RAM.

3. Paling Sering Dilakukan, Mengabaikan Update Software Ponsel Kamu!
Pada sebuah smartphone Android, sistem operasi pasti akan selalu mendapat pembaruan secara berkala untuk memperbaiki segala kekurangan yang terjadi sebelumnya, seperti memperbaiki bug dan persoalan keamanan. Maka dari itu, jika kamu mendapatkan update software pada perangkat Android kamu, terima dan operasikanlah.

Mengabaikan update software pada sebuah ponsel merupakan salah satu hal yang tidak boleh dilakukan pada smartphone Android kamu, tahu nggak? Sebab, jika kamu tidak mau melakukan update software, maka ponsel tidak bisa mendapatkan fitur dan menu terbaru yang tidak diberikan pada pembaruan sebelumnya. Selain itu, handphone kamu nanti bisa jadi lelet dan suka hang/lag, mau begitu? Makanya jangan sampai dilewatkan lagi ya.



4. Suka Download Aplikasi di Sumber yang Tidak Jelas
Mungkin ketika kamu tidak menemukan aplikasi Android pada Google Play Store, kamu akan mencarinya di Mbah Google untuk mendapatkan file APK. Nah, di sinilah efek negatifnya. File APK untuk Android dapat dimanipulasi loh, sehingga berisi sesuatu yang dapat menginfeksi perangkat Android kamu. Apa kamu sudah pernah merasakannya?

Hal yang tidak boleh dilakukan pada smartphone Android kamu ini jangan pernah diulangi lagi ya guys. Begini, kalau kamu memang harus banget untuk men-download aplikasi selain di Google Play Store, kamu harus mencarinya dari sumber yang terpercaya, seperti yang sering Jaka kasih aja buat kamu. Jangan asal main download mulai dari sekarang, nanti ponselnya blank kamu nangis lagi.

5. Bahaya Loh Kalau Sering Me-restart Ponsel Android Kamu
Hal yang tidak boleh dilakukan pada smartphone Android kamu lainnya adalah jangan terlalu sering me-restart ponsel kamu. Memang sih, hal ini masih menjadi kontroversi dari berbagai pihak. Ada yang bilang kalau me-restart seminggu sekali akan menyehatkan perangkat, tapi ada juga yang bilang setiap hari di-restart pun tidak ada masalah.

Begini, sebenarnya me-restart atau me-reboot itu memang tidak terlalu bermasalah. tetapi, alangkah lebih baiknya sebelum melakukan hal itu, kamu harus menutup semua aplikasi-aplikasi yang sedang terpakai sebelumnya. Hal ini sangat berguna agar aplikasi tidak rusak, dan juga smartphone tetap awet.
Sumber : jalantikus.com

0 Response to "Jangan Lakukan Hal Ini Pada Smartphone Android Kamu"

Post a Comment