Pertolongan Pertama untuk Smartphone yang Jatuh kedalam Air

Pertolongan Pertama untuk Smartphone yang Jatuh kedalam Air - Smartphone anda terjatuh kedalam genangan air atau kolam ??? Jika "iya" sudah dapat dipastikan perangkat elektronik yang terdapat dalam smartphone anda akan rusak. Jika sudah terjadi, biasanya pengguna smartphone hanya bisa pasrah saja. 

Namun, ternyata ada beberapa langkah sebagai Pertolongan Pertama untuk Smartphone yang Jatuh kedalam Air. Meskipun, hal itu juga tergantung dari kondisi air yang ada di dalam ponsel, tetapi tidak ada salahnya untuk mencoba beberapa langkah ini.

Pertolongan Pertama untuk Smartphone yang Jatuh kedalam Air

1. Segera keluarkan dari air dan matikan
Ketika smartphone Anda jatuh ke dalam sebuah genangan air atau kolam, sebaiknya segera keluarkan perangkat itu dari tempat tersebut. Hal itu dilakukan untuk membuat smartphone Anda tak terlalu lama di dalam air.

Setelah itu, pastikan smartphone berada dalam keadaan mati. Meskipun masih menyala setelah diambil, segera matikan ponsel. Hal itu bisa dilakukan dengan mematikan seperti biasa atau segera mencabut baterai.

2. Segera bongkar dan lepaskan bagian dari ponsel
Ketika ponsel Anda terkena air, sebaiknya bagian dari perangkat tersebut harus segera dikeluarkan untuk menghindari kerusakan yang lebih luas. Komponen seperti baterai, kartu SIM, dan kartu MicroSD sebaiknya segera dikeluarkan dari ponsel dan diletakkan di tisu kertas.

Namun, jika Anda memiliki kemampuan teknisi yang cukup mumpuni dan tak takut kehilangan garansi, tak ada salahnya untuk membongkar komponen lain yang ada di ponsel. Dengan demikian, masing-masing bagian dapat dikeringkan dengan lebih cepat.

3. Hal yang sebaiknya tak dilakukan
Sebelum melangkah ke tahap selanjutnya, tak ada salahnya untuk mengetahui beberapa tindakan yang seharusnya tak dilakukan saat ponsel Anda baru saja terkena air. Langkah ini penting untuk memastikan smartphone Anda tak terkena dampak yang lebih buruk.
  • Jangan biarkan ponsel dalam keadaan menyala. Air yang bersinggungan dengan listrik jelas dapat merusak komponen di dalamnya.
  • Jangan menghubungkannya ke sumber listrik. 
  • Jangan memencet tombol apapun. Apabila Anda memencet tombol-tombol tertentu, besar kemungkinan air di dalam ponsel akan      semakin menyebar. 
  • Jangan menggoyang-goyangkan ponsel. Alasan tindakan ini tak boleh dilakukan sama seperti poin sebelumnya. 
  • Jangan panaskan ponsel. Perlu diingat, suhu panas juga dapat merusak ponsel Anda. Untuk itu, jauhkan benda-benda yang dapat menaikkan suhu ponsel. 
  • Jangan gerakkan ponsel terlalu banyak. Tindakan ini dilakukan agar air di dalam ponsel tak terus bergerak.

4. Gunakan tisu
Setelah semua komponen berhasil dilepas, Anda dapat langsung membersihkan sisa-sisa air yang ada di perangkat tersebut. Perlu diingat, proses pengeringan sebaiknya dilakukan dengan hati-hati, agar tak merusak komponen lain yang ada.

5. Gunakan vacuum cleaner
Vacumm cleaner memang dikenal sebagai alat pembersih rumah, tapi perangkat ini ternyata dapat digunakan untuk mengeringkan sisa-sisa air yang ada di ponsel. Namun, perlu diingat untuk melakukannya dengan hati-hati agar tak merusak komponen lain.

6. Waktunya pengeringan
Ini adalah tahap akhir dari keseluruhan proses penyelamatan smartphone Anda. Untuk memastikan air di dalam ponsel benar-benar hilang, Anda dapat meletakkan ponsel di dalam lemari dan mendiamkannya selama beberapa hari. 

Pertolongan Pertama untuk Smartphone yang Jatuh kedalam Air ini saya kutip dari artikel tekno.liputan6.com/

0 Response to "Pertolongan Pertama untuk Smartphone yang Jatuh kedalam Air"

Post a Comment